“DENTAL SANTRI SCHOOL PROGRAM (DENTSPRO) SEBAGAI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PONDOK PESANTREN”
Main Author: | ADITYA MUKTI SETYAJI, 020810015 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/81638/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/81638/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/81638/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Pesantren memiliki peran penting untuk kemajuan dan pembangunan nasional dengan menjadi pemimpin generasi berikutnya yang memiliki integritas moral. Sayangnya, sebuah pondok pesantren sering dilihat sebagai lingkungan kumuh pendidikan, kurang terpelihara, dan jauh dari nilai-nilai kesehatan, terutama pada kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dapat dilihat dari survey pendahuluan, 18 dari 21 santri mempunyai gigi berlubang dan hanya 2 dari mereka yang berobat ke dokter gigi. Oleh karena itu, diperlukan suatu program pendidikan terpadu antara pendidikan pesantren dan pendidikan kesehatan gigi yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan gigi di pondok pesantren dalam rangka menciptakan lingkungan yang peduli. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kesadaran tentang pendidikan kesehatan gigi dengan metode belajar yang inovatif dan juga menciptakan kader kesehatan untuk bertanggung jawab terhadap kesehatan gigi masyarakat pesantren. Metode : Sampel adalah 22 santri yang akan mendapatkan pelatihan DENTSPRO untuk menjadi kader. Bentuk pelatihan sebagai satu kelompok metode DENTSPRO. Pengukuran akan diambil dalam tiga aspek, kognitif dengan kuesioner, psikomotorik dengan menggunakan indeks PHP, dan afektif oleh parameter kelompok. Hasil : Ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dengan nilai p <0,05. Kesimpulan : Hal ini dapat disimpulkan, Metode DENTSPRO memberikan peningkatan melalui tiga aspek penilaian dalam upaya meningkatkan tingkat kesehatan mulut di pondok pesantren.