PENGARUH PERCEPTUAL FACTORS KONSUMEN PROVIDER TELKOMSEL TERHADAP PENGHINDARAN PESAN IKLAN BERBASIS LOKASI (LBA) DENGAN AGE SUBCULTURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Main Author: | PUTRI RATNA FADILLAH, 041611223040 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/81582/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/81582/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/81582/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Pemasar telah menyadari peluang untuk menggunakan saluran mobile untuk mengirim atau menerima informasi kepada konsumen yang ditargetkan. Dengan adanya teknologi geofencing, pemasar dapat mendekteksi lokasi konsumen sesuai dengan promosi iklan yang ditawarkannya melalui SMS. Jenis periklanan ini terus dikembangkan oleh para pemasar dan merchant yang bekerjasama dengannya dan selanjutnya disebut dengan location based advertising (LBA). Penelitian ini bertujuan untuk meneliti 4 faktor perseptual utama yang mempengaruhi penghindaran konsumen pada LBA yang dimediasi oleh provider Telkomsel yaitu perceived goal impediment, perceived sacrifice, perceived utility, dan perceived entertainment. Selain itu, penelitian ini juga meneliti pengaruh age subculture dalam memoderasi pengaruh antara perceptual factors dan LBA avoidance provider Telkomsel.Pengumpulan data melalui kuesioner diperoleh 180 responden pengguna provider Telkomsel dari berbagai kalangan usia mulai dari usia 15-53 tahun. Data hasil penyebaran kuesioner diolah dengan analisis regresi linier berganda dengan analisis sub-group untuk menguji pengaruh variabel moderasi. Hasil penelitian menunjukkan variabel perceived sacrifice dan perceived utility berpengaruh signifikan terhadap LBA avoidance. Sedangkan variabel perceived goal impediment dan perceived entertainment tidak