ANALISIS STATISTIK KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI TIX ID PADA MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX DAN ANALISIS GAP
Main Author: | ABDUL HAKIM MUNTASHIR, 0815111833047 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/81316/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/81316/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/81316/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- TIX ID merupakan aplikasi pembelian tiket bioskop yang sedang tren di Indonesia. Menawarkan konsep pembelian tiket bioskop yang mudah, murah, dan diintegrasi pihak ketiga yaitu DANA. Peneliti mengukur kepuasan pengguna dengan metode Customer Satisfaction Index dan analisis gap dengan responden mahasiswa Universitas Airlangga. Hasil analisis deskriptif menunjukkan TIX ID disenangi oleh pria dan wanita. Mayoritas mahasiswa Universitas Airlangga yang menggunakan TIX ID berasal dari Jawa Timur. Umumnya responden mengetahui TIX ID dari iklan dan teman, sementara faktor lainnya seperti keluarga kurang memberikan dampak pengetahuan terkait TIX ID. Mayoritas responden cukup sering mengakses aplikasi TIX ID, pengguna kebanyakan menggunakan TIX ID sekali dalam seminggu atau sehari sekali. Mayoritas pengguna umumnya menggunakan TIX ID karena promosi sementara kepraktisan dan efisiensi terkadang mempengaruhi. Umumnya pengguna membayar tiket bioskop yang mereka pesan di aplikasi TIX ID dengan DANA, namun sebagian masih memilih menggunakan transfer. Tingkat kepuasan penguguna aplikasi TIX ID berdasarkan perhitungan nilai CSI sebesar 69,5% yang berarti pengguna puas terhadap aplikasi TIX ID. Berdasarkan analisis gap disimpulkan bahwa beberapa aspek pada TIX ID masih perlu diperbaiki yaitu biaya administrasi, pembayaran lewat transfer, keleluasaan pengguna saat membeli tiket, respon customer service dalam menanggapi kritik dan saran, strategi memuaskan konsumen dan kapasitas memory yang digunakan