EFEKTIVITAS PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN BERBASIS DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE
Main Author: | Sayidah Aulia’ul Haque, 111614153040 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/80999/1/Abstrak%20TPsi%2007%2019%20Haq%20e.pdf http://repository.unair.ac.id/80999/2/Fulltext%20TPsi%2007%2019%20Haq%20e.pdf http://repository.unair.ac.id/80999/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Tesis ini berjudul “Efektivitas pelatihan metode pembelajaran anak usia dini berbasis Developmentally Appropriate Practice untuk meningkatkan keterampilan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran harian berbasis Developmentally Appropriate Practice di TK Al Mursyidien Surabaya”. Pembelajaran untuk anak usia dini merupakan pembelajaran mendasar dan penting bagi tumbuh kembang anak. Namun sayangnya, praktek pembelajaran anak usia dini di Indonesia masih banyak yang menyimpang dari tujuan utama pendidikan anak usia dini yaitu membantu anak mencapai tahap-tahap perkembangannya. Selama ini masih banyak praktik pembelajaran di sekolah kurang memperhatikan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini. Bentuk aktivitas anak usia dini prinsipnya adalah menyenangkan dan kebutuhan-kebutuhan khas anak usia dini dapat dipahami melalui developmentally appropriate practice (DAP). DAP adalah penerapan pengetahuan mengenai perkembangan anak dalam membuat program-program praktis yang sesuai dan menyenangkan bagi anak usia dini (Gestwicky, 2011). Banyak praktik pembelajaran di pendidikan anak usia dini (PAUD) yang masih belum sesuai dengan DAP. Hal ini tidak terlepas dari kurangnya pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru pada aspek kompetensi pedagogik. Salah satu aspek kompetensi pedagogik yang harus dikuasai oleh seorang guru adalah keterampilan merencanakan pembelajaran dalam hal ini berupa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang sesuai dengan DAP. Pelatihan metode pembelajaran anak usia dini berbasis DAP ini dilakukan sebagai usaha untuk meningkatkan keterampilan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang sesuai dengan DAP. Peserta pelatihan ini sebanyak 8 orang dan merupakan guruguru TK Al Mursyidien Surabaya. Data diperoleh melalui hasil checklist pada RPPH dan kemudian dilakukan analisis statistik nonparametrik wilcoxon signed rank test dengan menguji perbedaan skor sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,011 (p < 0,05) yang berarti bahwa terdapat peningkatan keterampilan penyusunan RPPH berbasis DAP sebelum dan sesudah pelatihan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan metode pembelajaran anak usia dini berbasis DAP efektif untuk meningkatkan keterampilan penyusunan RPPH berbasis DAP