PENGARUH AKTIVITAS MENDENGARKAN STORYTELLING TERHADAP PERILAKU GEMAR MEMBACA SISWA SD MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA
Main Author: | AMALIA HANI FAUZIYAH, 071611623008 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/80698/1/ABSTRAK_Fis.IIP.29%2018%20Fau%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/80698/3/FULLTEXT_Fis.IIP.29%2018%20Fau%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/80698/4/JURNAL_Fis.IIP.29%2018%20Fau%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/80698/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh aktivitas mendengarkan storytelling terhadap perilaku gemar membaca siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Aktivitas mendengarkan storytelling merupakan salah satu cara untuk mendorong siswa agar tertarik pada buku bacaan sehingga mereka dapat menyadari pentingnya membaca. Penelitian ini penting dilakukan karena metode pembelajaran dengan menggunakan storytelling mulai dilupakan di dunia pendidikan. Hal ini disinyalir menjadi salah satu faktor rendahnya perilaku gemar membaca di kalangan siswa, dengan begitu peran sekolah dan perpustakaan sekolah sangat penting untuk menumbuhkan perilaku gemar membaca siswa. Melihat fenomena storytelling yang sudah mulai redup, kemungkinan besar perilaku gemar membaca juga akan berjalan tidak efektif. Storytelling merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan aspek-aspek kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan), sosial, dan aspek konatif (penghayatan) anak-anak (Asfandiyar, 2007). Terdapat beberapa indikator aktivitas mendengarkan storytelling dan perilaku gemar membaca. Aktivitas mendengarkan storytelling terdiri dari kemampuan menangkap, kemampuan memahami dan kemampuan mengingat. Sedangkan perilaku gemar membaca terdiri dari jenis bacaan, jumlah bacaan, frekuensi membaca, dan waktu membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Surabaya sebanyak 278 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode systematic random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 74 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner untuk memperoleh data variabel aktivitas mendengarkan storytelling (X) dan perilaku gemar membaca (Y). Adapun pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji analisis data yang digunakan uji normalitas data, analisis regresi linear sederhana, serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan aktivitas mendengarkan storytelling terhadap perilaku gemar membaca siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05 dengan f hitung sebesar 4479. Temuan lain yang dapat dilaporkan dalam penelitian ini adalah persamaan garis regresi linear sederhana Y = 75,798 + 1,861X dapat dielaskan bahwa setiap peningkatan atau penurunan aktivitas mendengarkan storytelling (X) sebesar 1 unit maka akan diikuti dengan peningkatan atau penurunan perilaku gemar membaca (Y) sebesar 0,644.