PENGARUH PERCEIVED PROMINENCE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP DEPTH OF PROCESSING, BRAND ATTITUDE DAN PURCHASE INTENTION PADA PRODUCT PLACEMENT DALAM K-DRAMA

Main Author: AMPELDENTA SHOFIA IKRANEGARI, 041411233055
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/80588/1/Abstrak%20KKB-KK-2%20B.%2061%2019%20Ikr%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/80588/2/Fulltext%20KKB-KK-2%20B.%2061%2019%20Ikr%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/80588/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Product placement adalah bentuk iklan dan promosi dimana produk ditempatkan dalam acara televisi dan/ atau film untuk mendapatkan eksposur. Selain itu product placement juga digunakan pada tayangan K-drama yang mana sebagian besar masyarakat Indonesia menyukainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived prominence dan brand awareness terhadap depth of processing, brand attitude, dan purchase intention yang ada pada product placement dalam tayangan K-drama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuisioner dan metode PLS dengan menggunakan SmartPLS3. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa berjumlah 138 orang yang dikumpulkan dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perceived prominence terhadap depth of processing, brand awareness terhadap depth of processing, brand awareness terhadap brand attitude, depth of processing terhadap purchase intention, dan brand attitude terhadap purchase intention. Namun terdapat hipotesis yang tidak memiliki pengaruh yaitu perceived prominence terhadap brand attitude.