IMPLEMENTASI LEAN SERVICE SEBAGAI UPAYA MENGURANGI PEMBOROSAN JASA PENGIRIMAN PADA CV. SUTRAJAYA
Main Author: | HASAN GUMELAR NUGROHO, 041611223016 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/80536/1/ABSTRAK%20B%2072%2019%20Nug%20i.pdf http://repository.unair.ac.id/80536/2/FULLTEXT%20B%2072%2019%20Nug%20i.pdf http://repository.unair.ac.id/80536/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Jasa pengiriman saat ini merupakan pilihan yang dibutuhkan perusahaan lain maupun perorangan. Kepuasan pelanggan menjadi fokus perusahaan jasa dalam menjaga kualitas produknya. Hal yang lebih baik adalah apabila perhatian pada mutu bukan hanya pada ketepatan pengiriman, namun pada proses jasa yang berlangsung, sehingga bila ada kesalahan masih dapat diperbaiki. Dengan demikian, produk akhir yang dihasilkan adalah produk yang bebas cacat dan tidak ada lagi pemborosan karena produk tersebut harus dilakukan pengerjaan ulang (rework). Di penelitian ini ditemukan fakta bahwa tidak hanya pemborosan pada waktu pengiriman, melainkan adanya waste pada produk yang dikirim oleh CV. Sutrajaya. Lean Service merupakan salah satu teori strategi yang dapat mengeliminasi waste pada industri jasa. Teori ini sendiri menggunakan Tools Value Stream Mapping dan Process Activity Mapping. Hasil penelitian ini dengan value stream mapping dan process activity mapping menunjukkan bahwa terdapat waste berupa defect dan delay. Berdasarkan hasil dari Borda Count Method maka didapatkan 2 peringkat tertinggi (waste kritis) yaitu defect dan waiting/delay dengan skor 17 diikuti defects dengan skor 15.