PEMBENTUKAN BRAND ENGAGEMENT PADA PELANGGAN SILOAM HOSPITALS GROUP DAN RS. PREMIER BINTARO MELALUI INTERAKSI BRANDPOST DI MEDIA SOCIAL FACEBOOK, TWITTER DAN INSTAGRAM

Main Author: VIDYA SAKTIANINGSIH, 041514353045
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/80469/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/80469/2/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/80469/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Memasuki era globalisasi persaingan antar rumah sakit semakin ketat. Hal itu menuntut rumah sakit di Indonesia untuk meningkatkan mutu rumah sakit dan melakukan strategi pemasaran yang lebih agresif melalui branding di media sosial. Branding di media sosial dalam bentuk brandpost yang diharapkan mampu menciptakan brand. Penelitian ini berfokus menggali lebih dalam pembentukan brand engagement pada pelanggan Siloam Hospitals Group dan RS. Premier Bintaro melalui brandpost di media sosial Facebook, Twitter dan Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan adalah brandpost, comment dan reply di media sosial Facebook, Twitter dan Instagram dua rumah sakit dan dianalisis dengan content analysis. Dari hasil penelitian ini terdapat persamaan komunikasi brandpost antara Siloam Hospitals Group dan RS. Premier Bintaro jika dilihat dari bentuk dan karakteristik brandpostnya, namun terdapat perbedaan strategi brandpost antara Siloam Hospitals Group dan RS. Premier Bintaro berdasarkan isi brandpost, frekuensi dan channel yang digunakan. Pada media sosial Siloam Hospitals Group, media sosial yang paling mampu memunculkan brand engagement adalah media sosial Instagram. Sedangkan media sosial RS. Premier Bintaro yang berpotensi untuk menciptakan brand engagement adalah Instagram karena interaksi yang terjadi lebih aktif dibandingkan media sosial lainnya.