PENGARUH INTERAKSI PARASOSIAL TERHADAP HUBUNGAN PARASOSIAL, KREDIBILITAS ENDORSER DAN NIAT BELI PENGGEMAR SYAHRINI TERHADAP PRODUK KOSMETIK DI MEDIA INSTAGRAM

Main Author: YURIKE ANINDYASARI, 041524353006
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/80454/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/80454/2/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/80454/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Jumlah pengguna Instagram terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, begitupula dengan konsep parasosial. Konsep parasosial mulai populer di kalangan penulis, khususnya yang belajar tentang media. Parasosial juga mulai akrab di kalangan pemasar. Pemasar berlomba-lomba mencari sosok yang dianggap memiliki kekuatan mempengaruhi orang lain. Studi ini bertujuan mempelajari pengaruh interaksi parasosial terhadap hubungan parasosial, kredibilitas endorser dan niat beli dari penggemar Syahrini terhadap suatu produk make-up. Studi ini merupakan metode kuantitatif dan menggunakan kuesioner online sebagai alat bantu. Data dikumpulkan dari followers akun penggemar Syahrini (@official.plc) di Instagram. Sampel studi ini adalah semua perempuan penggemar Syahrini yang belum pernah membeli kosmetik merek Lakme. Aturan pengisian kuesioner adalah responden diminta menonton sebuah video pendek tentang Syahrini sebelum mengisi kuesioner. Hasil yang didapat adalah interaksi parasosial berpengaruh signifikan terhadap hubungan parasosial, hubungan parasosial berpengaruh signifikan terhadap kredibilitas endorser, hubungan parasosial berpengaruh signifikan terhadap niat beli penggemar Syahrini, serta kredibilitas endorser yang tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli penggemar Syahrini. Implikasi studi ini adalah pemasar harus mencari endorser yang memiliki hubungan parasosial yang baik dengan penggemarnya. Selain itu, pemasar juga harus lebih inovatif demi menciptakan cara komunikasi yang tepat antara selebriti dengan penggemarnya.