STRATEGI KOMUNIKASI PENERANGAN DIVISI INFANTERI 2 KOSTRAD DI ERA KETERBUKAAN BERKAITAN OPERASI MILITER PERANG (OMP) DAN OPERASI MILITER SELAIN PERANG (OMSP)

Main Author: TRI YURMA PURBA, 071614853013
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/80066/1/ABSTRAK_TSK.13%2018%20Pur%20s.pdf
http://repository.unair.ac.id/80066/2/FULLTEXT_TSK.13%2018%20Pur%20s.pdf
http://repository.unair.ac.id/80066/3/JURNAL_TSK.13%2018%20Pur%20s.pdf
http://repository.unair.ac.id/80066/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Dalam rangka menghadapi kompetisi di era globalisasi, Staf Penerangan Divisi Infanteri 2 Kostrad mengimplementasikan fungsinya di bidang penerangan di satuan Divisi Infanteri 2 Kostrad. Penyampaian informasi kepada publik internal dan eksternal di era keterbukaan maka Staf penerangan melakukan strategi komunikasi sehingga dapat membentuk opini dan memperoleh eksistensi dari publiknya. Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi yang dilakukan Staf Penerangan Divisi Infanteri 2 Kostrad dalam rangka menjalankan tugas pokoknya sebagai TNI AD yang berkaitan dengan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Penelitian ini bertujuan mengkaji Strategi Komunikasi terhadap publik internal dan eksternal yang dilakukan Staf Penerangan di satuan Divisi Infanteri 2 Kostrad dalam menjalankan fungsi penerangan. Serta untuk mengetahui hambatan yang dihadapi Staf Penerangan Divisi Infanteri 2 Kostrad dalam menjalankan Strategi Komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualititif. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sehingga diharapkan mampu menghasilkan uraian mendalam tentang ucapan nara sumber, keadaan Staf penerangan berdasarkan observasi dan analisis tulisan mengacu pada dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi, observasi dan mengumpulkan dokumen-dokumen pendukung berupa buku pintar penerangan Dispenad 2013. Hasil penelian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diimplementasikan terhadap publik internal dan eksternal meliputi strategi pemilihan pesan, strategi pemilihan media, strategi pemilihan waktu dan strategi pemilihan lingkungan. Adapun hambatan dalam menjalankan Strategi Komunikasi pada dasarnya hanyalah kendala-kendal kecil yang masih dapat diatasi.