SOSIALISASI ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA BAHANUL AMANAH KABUPATEN MADIUN JAWA TIMUR

Main Author: LIGINA JONI KURNIAWAN, 071311433080
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/79822/1/ABSTRAK_Fis.S.76%2018%20Kur%20s.pdf
http://repository.unair.ac.id/79822/2/FULLTEXT_Fis.S.76%2018%20Kur%20s.pdf
http://repository.unair.ac.id/79822/3/JURNAL_Fis.S.76%2018%20Kur%20s.pdf
http://repository.unair.ac.id/79822/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh berbagai permasalahan diskriminasi terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK) dan keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus akan menghadapi segala respon dari masyarakat, penelitian ini akan membahas mengenai sosialisasi orang tua dalam membentuk kemandirian anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Bahanul Amanah kabb Madiun. Adapun dalam penelitian ini fokus permasalahan yang peneliti angkat adalah bagaimana orang tua dalam mensosialisasikan kemandirian anak berkebutuhan khusus. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun penelitian menggunakan teori sosialisasi dari pemikiran Peter L Berger dan Luckman untuk menjawab permasalahan penelitian. Serta menggunakan teori Sunarto dan Dreeben untuk mempertajam analisis data. Kemudian teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik snowball dengan mengandalkan informan kunci untuk memperoleh informasi terkait dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini yaitu orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus masih mensosialisasikan kemandirian anak meskipun dengan keterbatasan yang dimiliki anak dan orang tua memilih sosialisasi represif dalam membentuk kemandirian anak karena akan memudahkan orang tua dalam mensosialisasikan anak berkebutuhan khusus yang rata-rata memiliki keterbatasan yang cukup berat. Selain itu, sekolah mempuyai peran penting dalam mensosialisasikan kemandirian anak berkebutuhan khusus dikarenakan sekolah memberikan kontribusi dalam mensosialisasikan kemandirian kepada anak dan membantu perkembangan anak dalam beradaptasi dalam lingkungan masyarakat.