EFEKTIFITAS DIPLOMASI BUDAYA DALAM PENYEBARAN ANIME DAN MANGA SEBAGAI NATION BRANDING JEPANG
Main Author: | Caraka Wahyu Erwindo, 071411233026 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/79619/1/ABSTRAK_Fis.HI.83%2018%20Erw%20e.pdf http://repository.unair.ac.id/79619/2/FULLTEXT_Fis.HI.83%2018%20Erw%20e.pdf http://repository.unair.ac.id/79619/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Perkembangan dari anime dan manga Jepang dimulai ketika sebelum terjadinya Perang Dunia kedua.Pada saat itu kemunculan dari anime dan manga masih kalah bersaing dengan adanya industri animasi milik Amerika Serikat, Disney. Kekalahan Jepang pada Perang Dunia kedua, membuat industri anime dan manga menjadi runtuh dan dimulai kembali oleh Jepang beberapa tahun pasca berakhirnya Perang Dunia kedua. Kekalahan Jepang pada Perang Dunia kedua juga mengakibatkan citra Jepang menjadi buruk di mata negara jajahan mereka.Muncul upaya untuk membentuk kembali citra Jepang pasca Perang Dunia kedua.Hal ini kemudian menjadikan pemerintah Jepang mempertimbangkan untuk menggunakan anime dan manga digunakan sebagai aspek nation branding.Maka dari itu Penelitian ini berusaha mengkaji bagaimanya usaha pemerintah dalam menggunakan anime dan manga sebagi diplomasi budaya oleh Jepang dalam upaya mencapai nation branding. Dengan penjelasan melalui diplomasi budaya serta nation branding dapat melihat bagaimana efektifitas dari penggunaan anime dan manga ini digunakan sebagai nation branding.