PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS DONATUR MEMBAYAR ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH DENGAN KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA LAZNAS DOMPET DHUAFA DAN LAZNAS LEMBAGA MANAJEMEN INFAK DI SURABAYA
Main Author: | MUHAMMAD SYAUQI, 091514553017 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/79361/1/TSEI.08-18%20Sya%20p%20abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/79361/2/TSEI.08-18%20Sya%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/79361/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dan hubungan antara marketing mix terhadap loyalitas donatur dalam membayar Zakat, Infak, dan sedekah (ZIS) dengan kepercayaan dan kepuasan sebagai variabel intervening pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Surabaya. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 donatur tetap pada LAZ Dompet Dhuafa dan 50 donatur tetap pada LAZ Lembaga Manajemen Infaq (LMI) dengan menggunkan purposive sampling pada masing-masing LAZ. Variabel dalam penelitian ini adalah sebagai variabel independen (tidak terikat) marketing mix (X), kepercayaan (Y1), kepuasan (Y2) sebagai variabel intervening dan sebagai variabel dependent (terikat) loyalitas (Z). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian SEM based variance atau partial least square (PLS) sedangkat alat analisisnya adalah SmartPLS 2.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa marketing mix mempengaruhi secara signifikan kepercayan donatur pada LAZ Dompet Dhuafa dan LAZ LMI. Marketing mix berpengaruh signifikan terhadap kepuasan donatur pada setiap LAZ. Kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas donatur pada kedua LAZ. Kepuasan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas donatur pada masing-masing LAZ. Kepuasan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan donatur pada LAZ Dompet Dhuafa dan LAZ LMI. Marketing mix berpengaruh positif terhadap loyalitas donatur pada kedua LAZ. Keterbatasan penelitian adalah cakupan wilayah yang kurang luas dan minimnya objek penelitian.