PERAN MEDIASI PROFITABILITAS PADA PENGARUH STRATEGI BISNIS TERHADAP MANAJEMEN LABA

Main Author: TINNESIA MARTINA, 041411333058
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/78676/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/78676/2/A%20449-18%20Mar%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/78676/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi bisnis perusahaan terhadap manajemen laba dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi yang diproksikan dengan return on asset.. Tipologi strategi bisnis yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pada tipologi strategi milik Miles dan Snow (1978). Penelitian ini fokus pada 2 tipe strategi dengan karakteristik yang saling bertolak belakang yaitu prospector dan defender. Proksi yang digunakan untuk menentukan strategi bisnis adalah rasio capital expenditure terhadap total aset dan rasio price to book value dan pengelompokan perusahaan berdasarkan strategi menggunakan cluster analysis. Pengukuran manajemen laba memakai akrual diskresioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah industri konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Bursa Malaysia (BM), dan Singapore Stock Exchange (SGX) pada tahun 2013-2017. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 418 sampel yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis menggunakan path analysis dengan bantuan SPSS 23.0 dan uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bisnis berpengaruh terhadap profitabilitas. Profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen laba. Strategi bisnis berpengaruh terhadap manajemen laba. Profitabilitas mampu bertindak sebagai mediator antara strategi bisnis dan manajemen laba.