HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MENGENAI PENERAPAN DISIPLIN ORANGTUA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA

Main Author: NOVIA MINDASARI, 111111081
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/78244/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/78244/2/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/78244/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan negatif antara persepsi mengenai penerapan disiplin orangtua dengan perilaku bullying pada remaja berusia 13 tahun samai 19 tahun. Penelitian ini tergolong penelitian korelasional yang terdiri dari dua variabel, yaitu satu variabel bebas persepsi mengenai penerapan disiplin orangtua dan satu variabel terikat perilaku bullying pada remaja. Penelitian ini dilakukan pada remaja yang berusia 13 tahun sampai 19 tahun dengan jumlah subjek sebanyak 128 orang yang terdiri dari 69 remaja perempuan dan 59 remaja laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang disebarkan secara online berisi 49 aitem. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur persepsi mengenai penerapan disiplin orangtua adalah alat ukur yang diadaptasi dari Iziana (2010) sejumlah 31 aitem, sedangkan untuk mengukur perilaku bullying pada remaja menggunakan alat ukur yang dibuat oleh Yuniartiningtyas (2013) sejumlah 18 aitem. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi spearman’s rho dengan bantuan program SPSS 23.0 for Windows. Hasil analisis menunjukkan nilai korelasi sebesar -0,290 yang signifikan pada p< 0,01 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bersifat negatif antara persepsi mengenai penerapa displin orangtua dengan perilaku bullying pada remaja. Hal ini menunjukkan bahwa jika persepsi mengenai penerapan disiplin orangtua semakin tinggi dapat mengurangi munculnya perilaku bullying pada remaja.