PENGARUH GAYA PENGASUHAN OTORITATIF DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA TERHADAP ACADEMIC HARDINESS SISWA KELAS VI SD ISLAM TERPADU (SDIT) AL USWAH SURABAYA

Main Author: VIKA ANGGRAENI, 111514253016
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/78093/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/78093/2/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/78093/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Academic hardiness pada siswa mendorong mereka untuk lebih termotivasi dan tertantang dalam menyelesaikan tugas akademiknya. Siswa dengan tingkat Academic hardiness yang tinggi menunjukkan kemauan untuk terlibat dalam tantangan akademis, berkomitmen terhadap usaha, dan merasa bahwa mereka memiliki kendali atas usaha dan hasil dari kegiatan akademis yang sulit. Penelitian yang dilakukan di SD Islam Terpadu Al Uswah Surabaya ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya pengasuhan otoritatif dan dukungan sosial orangtua terhadap academic hardiness siswa kelas VI. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan subjek 83 siswa kelas VI SDIT Al Uswah Surabaya. Alat pengumpulan data berupa kuesioner skala gaya pengasuhan otoritatif berdasarkan teori Baumrind (1967), dukungan sosial orangtua berdasarkan teori Sarafino (2011), dan academic hardiness berdasarkan teori Kobasha (1979), yang ketiganya dikembangkan sendiri oleh peneliti. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil uji determinasi menunjukkan R2 (R squere) sebesar 0,273 atau 27%. Hal ini menunjukkan bahwa prosentase pengaruh variabel independen (gaya pengasuhan otoritatif dan dukungan sosial orangtua) secara simultan terhadap variabel dependen (academic hardiness) siswa adalah 27%. Sedangkan nilai koefisien regresi untuk variabel gaya pengasuhan otoritatif terhadap academic hardiness adalah 46% dan nilai koefisien regresi untuk variabel dukungan sosial orangtua adalah 0,9%. Hasil analisis tersebut menyimpulkan bahwa gaya pengasuhan otoritatif mempunyai pengaruh yang besar terhadap academic hardiness sedangkan dukungan sosial orangtua mempunyai pengaruh yang kecil terhadap academic hardiness.