SHITSUKE DALAM PENDIDIKAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK JEPANG: STUDI KASUS PADA WAKAMATSU YOUCHIEN, KOTA YOSHIKAWA
Main Author: | YASMIN MELFA ROSANTI, 121311333032 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/78072/1/FS%20J%2035-18%20ROS%20S%20-%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/78072/2/FS%20J%2035-18%20ROS%20S%20-%20FULLTEXT.pdf http://repository.unair.ac.id/78072/ http://www.lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Jepang sebagai salah satu negara maju di dunia memiliki berbagai macam faktor yang mendukungnya. Salah satunya kedisiplinan sebagai hal yang fundamental bagi masyarakat Jepang, dimana hal tersebut sudah ditanamkan semenjak pendidikan anak usia dini sebagai karakter bangsa Jepang. Pendidikan anak di usia dini merupakan hal yang sangat penting karena berkaitan dengan menanamkan fondasi dari karakter anak dalam kehidupannya bermasyarakat di masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data yang diperoleh melalui wawancara dengan 5 informan guru di Wakamatsu Youchien dan observasi dari peneliti yang bertujuan untuk menganalisa shitsuke yang diterapkan beserta metodenya di Wakamatsu Youchien, kota Yoshikawa. Dengan konsep mimamoru (mengajarkan dengan menjaga) yang ada di taman kanak-kanak ini, peneliti menemukan metode yang berhasil membuat anak-anak di Wakamatsu Youchien mampu mematuhi serta menerapkan shitsuke di kehidupan sehari-hari.