PENGARUH METODE BERMAIN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI NU GEN DAYCARE

Main Author: Astried Angelya, 111414253022
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/78070/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/78070/2/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/78070/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain sosial dalam meningkatkan keterampilan sosial pada anak usia prasekolah di Nu Gen Daycare. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keterampilan sosial untuk anak usia prasekolah yang dikemukakan oleh Elliot. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain one group pre/post-test yang menggunakan satu kelompok subjek. Subjek penelitian adalah anak-anak usia prasekolah (2-4 tahun) berjumlah 8 orang. Alat ukur yang digunakan adalah adaptasi skala keterampilan sosial dari Elliot & Gresham (2011). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon signed ranked test. Hasil statistik skor Sig. (2-tailed) dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aspek kerjasama, aspek asertif, dan aspek control diri memiliki taraf signifikansi kurang dari .05 dengan skor aspek kerjasama sebesar .012, skor aspek asertif sebesar .011, dan skor aspek kontrol diri sebesar .020. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain sosial efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia prasekolah di Nu Gen Daycare