PERUBAHAN PEMBELAJARAN TEACHER CENTERED LEARNING MENJADI STUDENT CENTERED LEARNING:PENELITIAN TINDAKAN PADA GURU PAUD
Main Author: | IDA AYU MAITRY SANJIWANI, 111514153002 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/78046/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/78046/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/78046/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Prinsip pembelajaran PAUD dalam Kurikulum 2013 adalah berpusat pada siswa ataustudent centered learning.Kurikulum 2013 mulai diberlakukan sejak tahun ajaran 2014/2015, namun terdapat sekolah yang masih menerapkan teacher centered learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pembelajaran teacher centered learning menjadi student centered learning dan faktorfaktor yang mempengaruhinya Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian yaitu penelitian tindakan. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dengan masingmasing 3 sesi. Subjek penelitian berjumlah 3 orang guru TK A. Alat ukur yang digunakan adalah observasi berdasarkan karakteristik student centered learning dalam Kurikulum 2013. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Telah terjadi perubahan pembelajaran teacher centered learning menjadi student centered learning, yang dengan munculnya keempat belas target perilaku dari ketiga aspek pembelajaran student centered learning; 2) Perubahan yang terjadi adalah perubahan positif karena setelah dilakukan penelitian tindakan terjadi peningkatan jumlah kemunculan target perilaku jika dibandingkan dengan observasi awal; 3) Perubahan ini dipengaruhi oleh faktor kondisi kelas, kemampuan dan motivasi guru, serta materi ajar; 4) Perubahan pada aspek dari student centered learning pada setiap guru berbedabeda. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan dan motivasi yang berbedabeda pada setiap guru. Implikasi dari penelitian ini adalah guru memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan pembelajaran student centered learning.