EFEKTIVITAS PSIKOEDUKASI BERBASIS KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN ANAK SLOW LEARNER
Main Author: | SELLY CANDRA AYU, 111614253019 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/77824/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/77824/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/77824/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak slow learner dengan penerapan psikoedukasi berbasis kelompok. Kegiatan ini dilakukan oleh peneliti yang melibatkan pemateri untuk memberikan edukasi terhadap ayah yang memiliki anak slow learner. Pada kegiatan yang dilakukan terdapat 4 sesi psikoedukasi yaitu (1) Identifikasi masalah (2) Informasi edukasi keterlibatan ayah dalam pengasuhan (3) Managemen ketrampilan dalam keterlibatan ayah dalam penagsuhan (4) Evaluasi. Pada kegiatan ini ayah diberikan pemahaman mengeni informasi keterlibtan ayah dalam pengasuhan, manajemen keterampilan keterlibatan ayah dalam pengasuhan. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak slow learner. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design pada 7 ayah dengan anak slow learner. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini skala keterlibatan ayah dalam pengasuhan. Perubahan dimensi keterlibatan ayah dalam pengasuhan meliputi dimensi fisk (sosial, ditaktik, disiplin, afeksi) dan psikis (kepedulian, tanggung jawab). Alat ukur yang digunakan telah melalui uji validasi melalui professional judgement dari Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya. Analisis yang digunakan dengan menggunakan uji Paired Samples t-Tes, dengan bantuan SPSS versi 24. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor keterlibatan ayah dalam pengasuhan antara sebelum diberikan perlakuan (M= 107.86, SE= 2.968) dan sesudah diberikan perlakuan (M= 115.14, SE= 3.532). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan ayah dalam pengasuhan. Hasil analisis uji efektivitas memiliki skor effect size sebesar 2.23 yang mana memiliki efektivitas besar. Jadi dapat disimpulkan bahwa psikoedukasi berbasis kelompok memiliki efektifitas bersar terhadap peningkatan keterlibatan ayah dalam pengasuhan pada anak slow learner.