EFEKTIVITAS STRATEGI KEYWORD MNEMONIC UNTUK MENINGKATKAN VOCABULARY ACQUISITION DAN VOCABULARY RETENTION MATEMATIKA PADA SISWA SLOW LEARNER
Main Author: | A. AHMAD RIDHA, 111514153042 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/77801/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/77801/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/77801/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Karakteristik slow learner yang dimiliki siswa memengaruhi kemampuannya dalam memahami konsep-konsep/informasi spesifik seperti pemahaman terhadap konsep dasar matematika. Hal tersebut berdampak negatif pada kurang berkembangnya kosakata siswa slow learner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi keyword mnemonic dalam meningkatkan vocabulary acquisition dan vocabulary retention matematika pada siswa dengan slow learner. Strategi keyword mnemonic merupakan strategi yang berupaya menghubungkan antara informasi yang akan diajarkan kepada siswa dengan informasi yang sudah diketahui siswa. Informasi yang telah diketahui siswa berfungsi sebagai keyword yang membantu siswa mengingat informasi baru yang diajarkannya. Desain penelitian yang digunakan adalah multiple-baseline design across subject pada tiga orang siswa SMP yang mengalami slow learner dengan rentang usia 12-15 tahun. Intervensi yang diberikan kepada subjek berupa pengajaran kosakata dengan strategi keyword mnemonic. Teknik pengumpulan data menggunakan vocabulary assessment dengan reliabilitas 0,849α yang mengukur vocabulary acquisition dan vocabulary retention. Data penelitian dianalisis secara deskriptif tentang perubahan yang terjadi pada masing-masing subjek penelitian dan menggunakan analisis statistik the wilcoxon t test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa vocabulary acqusition dan vocabulary retention matematika siswa slow learner dapat ditingkatkan melalui intervensi strategi keyword mnemonic. Sementara itu, hasil analisis statistik menunjukkan bahwa strategi keyword mnemonic efektif dalam meningkatkan vocabulary acquisition dan vocabulary retention matematika siswa dengan slow learner. Penelitian ini menjadi dasar dalam mengembangkan keterampilan matematika siswa slow learner yang lebih kompleks.