Profil Informasi Obat Pada Pelayanan Resep Metformin dan Glibenklamid di Apotek di Wilayah Surabaya
Main Authors: | Athiyah, Umi, Riskayanti, Erika, Rakhmawati, Fenitasari D., Nugraheni, Gesnita, Nita, Yunita |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Univeristas Airlangga
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/77664/1/C-22.pdf http://repository.unair.ac.id/77664/2/Reviewer%20C-22.pdf http://repository.unair.ac.id/77664/ http://journal.unair.ac.id/JFK@profil-informasi-obat-pada-pelayanan-resep-metformin-dan-glibenklamid-di-apotek-di-wilayah-surabaya-article-6830-media-98-category-15.html |
Daftar Isi:
- Abstrak Pelayanan resep yang baik diperlukan untuk mencapai tujuan terapi dan untuk mengidentifikasi, mengatasi serta mencegah masalah terkait obat (DTPs). Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan profil pemberian informasi obat yang disampaikan oleh staf apotek di Surabaya terhadap pasien yang datang dengan resep metformin dan glibenklamid. Metode “pasien simulasi” digunakan dan 90 apotek dipilih secara acak dari 631 apotek di Surabaya. Alat bantu penelitian ini adalah skenario, form penilaian, resep yang ditulis oleh dokter, dan protokol penelitian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian ini berasal dari form penilaian yang diisi oleh “pasien simulasi” setelah berkunjung ke apotik terpilih. Dari 90 apotek yang dikunjungi, sejumlah besar apotek (6%) tidak memiliki obat yang diresepkan. Informasi obat yang diberikan kepada pasien sebagian besar mengenai frekuensi minum obat (60,3% dan 64,7%), waktu untuk menggunakan obat (12,8% dan 12,9%), dan jumlah obat untuk setiap penggunaan (7,7% dan 30,6%) untuk metformin dan glibenklamid. Informasi tersebut sudah tertulis dalam lembar resep. Kesimpulan penelitian ini adalah, kinerja pemberian informasi obat staf apotek di Surabaya terhadap pasien yang menebus obatnya dengan resep perlu ditingkatkan.