FORMULASI STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN PERDAGANGAN KAYU STUDI KASUS: CV. X

Main Author: NINDIA EKA SAVITRI SANTOSA, 041414353015
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/77561/1/MM.%20100-18%20San%20f%20Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/77561/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan pada perusahaan dagang agribisnis di Jawa Timur. CV. X sebagai perusahaan dagang dihadapkan pada tantangan untuk selalu dapat menyediakan bahan baku bagi kustomernya, yang disini merupakan kayu sengon. Tantangan lainnya adalah ancaman pesaing bagi perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis internal dan eksternal untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpotensi paling mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian menggali informasi langsung dari narasumber menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Penelitian ini kemudian berusaha untuk menemukan posisi strategik perusahaan sesuai konsep internal external (IE) matrix serta memberikan rekomendasi formulasi strategi dengan konsep strategi diamond. Hasil penelitian ini menunjukkan posisi strategic CV. X adalah Growth and Build. Strategi yang bisa dikembangkan oleh perusahaan adalah backward integration dan intensive strategy, yakni melakukan pengembangan produk eksisting dan mengembangkan pasar dengan melakukan penetrasi pasar. Selain itu juga dirumuskan strategi bisnis perusahaan bedasarkan konsep strategi diamond meliputi arena, vehicle, differentiators, staging, dan economic of logic.