ANALISIS EFEKTIVITAS KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM PERUBAHAN ORGANISASI STUDI KASUS PADA KANTOR CABANG Y SURABAYA DI PT X
Main Author: | KHRISTA JAYA WARDHANI, 041524353016 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/77384/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/77384/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/77384/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Sejak tahun 2016, penyesuaian PT X dalam menjawab kebutuhan kompleks nasabah bisnis dan tuntutan persaingan di industri perbankan berdampak juga pada perubahan penilaian kinerja dan penambahan fokus bisnis yang terjadi di dalam perusahaan, sampai ke level kantor cabang. Di tengah tantangan perubahan target di level cabang tersebut, kantor cabang Y Surabaya berhasil memenangkan predikat sebagai “Kantor Cabang dengan Konsistensi Pencapaian Kinerja Terbaik” serta menjadi kantor cabang dengan partisipasi paling aktif dalam Community of Practice di kantor wilayahnya, yang disusun oleh PT X sebagai bentuk knowledge management untuk menjawab kebutuhan kompetensi dan pengetahuan yang terus meningkat di dalam organisasi. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif melalui studi kasus di cabang Y, dengan pengumpulan data melalui wawancara terhadap key informan cabang dan dokumentasi, yang secara lebih lanjut dianalisis dengan teknik open dan axial coding untuk mengidentifikasikan tema dan kategori yang muncul dan mempengaruhi implementasi knowledge management yang berjalan di cabang Y sebagai bentuk inisiatif pengembangan organisasi untuk menghadapi perubahan organisasi secara efektif. Secara lebih mendalam, analisis didasarkan pada model SECI yang telah digunakan sebagai kerangka KM di PT X, serta meninjau faktor kesuksesan KM, dan budaya organisasi di cabang yang mempengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi KM di cabang Y telah memenuhi keempat tahap model SECI, dengan titik berat masih bertumpu pada tahap socialization, dan faktor kesuksesan KM yang paling menonjol di cabang Y adalah pengaruh manajerial dengan adanya gaya kepemimpinan coach yang mendorong proses knowledge sharing. Selain itu, budaya cabang Y yang paling berpengaruh pada implementasi KM di cabangnya adalah kuatnya core values dan kepercayaan di antara karyawan akan pentingnya pengetahuan sebagai kunci efektivitas tim dan daya saing cabang. Meski demikian, hasil analisis implementasi KM di cabang Y juga menunjukkan bahwa implementasi KM di level cabang di PT X masih berfokus pada proses KM untuk knowledge sharing dan belum menjawab tujuan framework KM PT X secara keseluruhan untuk menghasilkan inovasi organisasi untuk mencapai kinerja organisasi, sehingga perlu dikembangkan dan diintegrasi lebih lanjut untuk menjawab tantangan eksternal perusahaan.