PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2012 – 2016

Main Author: SYAHRUL MUNIR, 041511323085
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/76978/1/ABSTRAK%20.pdf
http://repository.unair.ac.id/76978/2/A%20438-18%20Mun%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/76978/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh agresivitas pajak perusahaan dengan corporate social resposibity (CSR): untuk menguji teori legitimasi.Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan proksi effective tax rates sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility (CSR). Penelitian ini menggunakan lima variabel kontrol yaitu ROA, market to book ratio, leverage, size, intensitas modal. Penelitian ini mereplika penelitian yang dilakukan oleh Lanis dan Richardson (2013). Sampel penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2016. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling dan diperoleh 33 perusahaan pertambangan. Total sampel dalam penelitian ini adalah 118 sampel perusahaan. Uji analisis menggunakan model analisis regresi ordinary least square. Hasil penelitian menunjukan bahwa agresivitas pajak perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR. Perusahaan yang memiliki tingkat agresivitas yang rendah mengakibatkan perusahaan akan mengungkapkan CSR lebih besar dibandingkan dengan perusahaan yang melakukan agresivitas pajak. Hal ini membenarkan teori legitimasi dalam konteks agresivitas pajak.