PENGARUH PERILAKU ASERTIF TERHADAP PENYESUAIAN DIRI REMAJA YANG BERSEKOLAH DI SMA ISLAMIC BOARDING SCHOOL DWIWARNA BOGOR
Main Author: | FAJRIAN NADJAMUDDIN, 111411133014 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/76895/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/76895/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/76895/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perilaku asertif terhadap penyesuaian diri remaja yang bersekolah di SMA Islamic Boarding School Dwiwarna Bogor. Penyesuaian diri dalam penelitian ini mengacu pada teori Schneiders (1960) dimana penyesuaian diri adalah suatu proses yang mencakup respon mental dan perilaku yang diperjuangkan individu agar dapat berhasil menghadapi kebutuhan internal, ketegangan, frustasi, konflik serta untuk menghasilkan kualitas keselarasan antara tuntutan dari dalam diri individu dengan tuntutan dunia luar atau lingkungan tempat individu berada. Sementara perilaku asertif mengacu pada teori Rathus & Nevid (1983, dalam Nuha, 2014) dimana perilaku asertif adalah perilaku yang menampilkan keberanian secara jujur dan terbuka yang menyatakan kebutuhan, perasaan, pikiran, dapat mempertahankan hak-hak pribadi serta menolak permintaan orang lain yang tidak masuk akal. Penelitian dilakukan kepada remaja yang bersekolah di SMA Dwiwarna Bogor, jumlah sampel sebanyak 56 siswa dengan rentang usia 15-18 tahun. Alat ukur yang digunakan berupa skala penyesuaian diri Schneiders dan Rathus Assertiveness Schedule (RAS). Validitas yang dilakukan pada kedua alat ukur adalah face validity dan uji instrumen menggunakan program SPSS. Reliabilitas skala penyesuaian diri sebesar 0,789 dari 34 aitem, sementara RAS memiliki reliabilitas sebesar 0,737 dari 15 aitem. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan program statistik SPSS 22.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan skor F sebesar 9,196 dengan signifikansi 0,004 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh perilaku asertif terhadap penyesuaian diri remaja yang bersekolah di SMA Dwiwarna Bogor. Nilai R Square menunjukkan angka 0,146 yang berarti pengaruh perilaku asertif terhadap penyesuaian diri sebesar 14,6%. Selain itu persamaan garis regresi yang didapat adalah Y = 100,214 + 0,472