ANALISIS PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN OLEH PESERTA KARTU JUJUR SEHATI DI KOTA BIMA - NTB

Main Author: NUR FITRIAH HIKMAWATI, NIM.: 101514453017
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/76660/1/TKA%2055_18%20Hik%20a%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/76660/2/TKA%2055_18%20Hik%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/76660/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Persentase pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh peserta KJS masih rendah dibandingkan dengan sasaran pelayanan KJS pada tahun 2015 dan 2016 yaitu sebesar 52,37% dan 52,84%. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rekomendasi upaya peningkatan pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh peserta KJS di Kota Bima berdasarkan analisis perilaku konsumen. Metode penelitian observasional analitik dengan rancang bangun cross sectional. Populasi penelitian merupakan penduduk Kota Bima yang tidak memiliki jaminan kesehatan. Besar sampel sebanyak 388 responden dengan tehnik pengambilan secara simple random sampling. Identifikasi proses pengambilan keputusan peserta KJS dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan diperoleh informasi bahwa sebanyak 365 peserta KJS (94,1%) membutuhkan pelayanan kesehatan, melakukan pencarian informasi sebanyak 302 orang (82,7%) dan melakukan evaluasi alternatif sebanyak 192 orang (63,3%). Selanjutnya pada tahap pemanfaatan pelayanan kesehatan, terdapat 179 orang (93,3%) peserta KJS yang mengambil keputusan untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan dan mayoritas menyatakan puas (96,6%) pada tahap evaluasi pasca pemanfaatan pelayanan KJS di Puskesmas. Hasil uji regresi logistik didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh pengetahuan (p=0,006), persepsi (p=0,000), motivasi (p=0,000), dukungan sosial (p,030), budaya (0,045) dan evaluasi alternatif (p=0,000) terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan. Hasil analisis tersebut bermakna bahwa semakin baik pengetahuan, persepsi, motivasi dan evaluasi alternatif yang dimiliki oleh peserta KJS maka cenderung akan meningkatkan pemanfaatan pelayanan kesehatan. Rekomendasi penelitian ini meliputi bagi pemerintah Kota Bima adalah mengintegrasikan KJS dengan BPJS Kesehatan sebagai upaya penguatan komitmen dan percepatan pencapaian target universal health coverage, melakukan kajian ulang terhadap konsistensi kebijakan pelayanan KJS khususnya pelayanan perawatan di Rumah Sakit dan penyusunan perencanaan serta penganggaran tentang pembiayaan jaminan kesehatan bagi penduduk Kota Bima yang tidak terakomodir sebagai peserta BPJS Kesehatan. Bagi Dinas Kesehatan Kota Bima adalah berkomitmen melakukan pendampingan akreditasi Puskesmas, peningkatan upaya sosialisasi dan promosi tentang pelayanan KJS serta Penyediaan Kartu Indeks Utama Pasien dan Kartu Berobat bagi pasien KJS. Bagi Puskesmas adalah berkomitmen dan konsistensi terhadap penyelenggaraan akreditasi Puskesmas, pembenahan terhadap fasilitas fisik Puskesmas, menyusun rencana kebutuhan obat dan penyuluhan tentang penggunaan obat yang rasional.