PENGARUH CORPORATE IMAGE DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP TRUST PADA PEMBIAYAAN SEGMEN CORPORATE BANKING DI BANK MUAMALAT

Main Author: SAPUTRA ADITYA, 041414353027
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/76501/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/76501/2/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/76501/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari corporate image dan relationship marketing terhadap customer trust. Ditengah ketatnya tingkat persaingan usaha dalam industri produk halal, bidang jasa keuangan khususnya bank syariah juga turut menghadapi tantangan baru tersebut. Ketatnya persaingan pada sektor perbankan, dalam memperoleh kepercayaan nasabah, menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah Bank untuk dapat bertahan di masa yang akan datang dan tetap berperan serta pada perekonomian. Faktor corporate image yang berpengaruh terhadap kepercayaan nasabah terhadap bank, serta tingginya persaingan dilapangan yang membutuhkan penerapan praktek relationship marketing yang jauh lebih efektif. Semua hal tersebut dibutuhkan untuk memperoleh kepercayaan pelanggan. Penelitian kuantitatif eksploratif, dilakukan pada customer pembiayaan segment corporate banking di Bank Muamalat Indonesia. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah eksisting pembiayaan segmen korporasi Bank Muamalat Indonesia yang berjumlah 471 nasabah/perusahaan. Data primer diperoleh melalui saturation sampling/sensus sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Penelitian eksplorasi menggunakan SEM PLS sebagai alat analisa. Hasil penelitian dari ini adalah adanya hubungan Corporate image (CI) yang terdukung berpengaruh signifikan terhadap customer trust (CT), hubungan Relationship marketing (RM) terdukung berpengaruh signifikan terhadap customer trust (CT), hubungan Corporate Image (CI) terdukung berpengaruh signifikan terhadap relationship marketing (RM), hubungan corporate image (CI) terdukung berpengaruh melalui variabel mediasi semu relationhsip marketing (RM) terhadap customer trust (CT).