INTERNASIONALISASI BUDAYA INDUSTRI KREATIF: STUDI KOMPARASI COOL JAPAN DAN KOREAN WAVE
Main Author: | ADE MAULYDA RAMSEY, 071411231063 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/76221/1/ABSTRAK_Fis.HI.70%2018%20Ram%20i.pdf http://repository.unair.ac.id/76221/2/FULLTEXT_Fis.HI.70%2018%20Ram%20i.pdf http://repository.unair.ac.id/76221/3/JURNAL_Fis.HI.70%2018%20Ram%20i.pdf http://repository.unair.ac.id/76221/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Cool Japan dan Korean Wave dipahami sebagai brand, strategi, dan kebijakan dari industri kreatif Jepang dan Korea Selatan. Berbagai strategi internasionalisasi maupun lokal yang dilakukan oleh Jepang dan Korea Selatan terhadap industri kreatif masing-masing, tidak terlepas dari tujuan masing-masing negara untuk semakin mengembangkan perekonomiannya. Selain itu, Cool Japan dan Korean Wave yang dicetuskan dari pemerintah negara masing-masing menggunakan budaya populer dengan ekspor konten sebagai cara untuk menambah pemasukan negara. Dengan menggunakan pendekatan growth model dari Empat Model Industri Kreatif, didukung oleh teori ekonomi, yang apabila dikaitkan dengan growth model yang melihat nilai positif industri kreatif dalam perekonomian sebuah negara, memunculkan pentingnya informasi, kreativitas, dan budaya yang khas dalam menjadikannya komoditas ekonomi. Terlepas dari berbagai tujuan kedua negara tersebut, kedua industri kreatif ini memiliki persamaan dan perbedaan dalam perkembangan, hingga strategi masing-masing industri kreatif.