ANALISIS GAYA BAHASA BESERTA MAKNA DALAM IKLAN TEH DAN KOPI DI TELEVISI
Main Author: | YUYUN DWI AMBARWATI, 121411131036 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/76177/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/76177/2/FS%20BI%2084%2018%20Amb%20a.pdf http://repository.unair.ac.id/76177/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan dalam iklan teh dan kopi di televisi, dan makna yang terkandung dalam iklan. Subjek penelitian adalah iklan minuman teh dan kopi yang ditayangkan pada saluran televisi edisi tahun 2015-2017. Objek penelitian adalah gaya bahasa yang terdapat pada slogan iklan teh dan kopi edisi tahun 2015-2017. Data diperoleh dari iklan produk teh dan kopi di televisi yang berupa frasa, kalimat dan gambar iklan produk minuman. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif, yaitu dari yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan dan teknik catat. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kategori gaya bahasa yang terdiri dari gaya bahasa metafora, gaya bahasa hiperbola, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa aliterasi, gaya bahasa asonansi, gaya bahasa repetisi, gaya bahasa pertanyaan retoris, gaya bahasa sinekdoke, gaya bahasa ellipsis beserta makna semantik yang terkandung dalam iklan teh dan kopi di televisi.