PENYUSUNAN REKOMENDASI PENINGKATAN KINERJA INSTALASI PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA RUMAH SAKIT BERDASARKAN SIX SIGMA (Studi di Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur)
Main Author: | UMI NUR KHASANAH, NIM 101614453039 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/76164/1/TKA%2026_18%20Kha%20p%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/76164/2/TKA%2026_18%20Kha%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/76164/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Waktu pelayanan perbaikan di Instalasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana di Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur pada periode tahun 2015–2017 dengan rata-rata sebesar 13 hari. Lamanya waktu pelayanan terjadi karena harus menunggu jadwal pelaksanaan dari pihak instansi yang diijinkan kalibrasi dan pelayanan juga meliputi pemeliharaan dan perbaikan. Penelitian bertujuan untuk menyusun rekomendasi upaya peningkatan kinerja instalasi pemeliharaan sarana dan prasarana rumah sakit dengan metode six Sigma. Penelitian ini mengobservasi waktu mulai dan selesai kegiatan pada tiap tahapan pelayanan perbaikan alat pelayanan medis berdasarkan metode six Sigma dan mewawancarai petugas. 79 alat pelayanan medis yang mengalami kerusakan diambil secara accidental sampling sebagai sampel penelitian. Penelitian menunjukkan bahwa 25 standar operasional prosedur pelayanan perbaikan telah memenuhi standar. Nilai rata rata waktu aktivitas total tahapan pelayanan perbaikan mencapai 6069,3 menit yang mengindikasikan bahwa belum memenuhi waktu standar rata-rata (1296,8 menit). Hanya ada 2 waktu pelayanan yang melebihi waktu standar pada pelaksanaan perbaikan dan pembayaran pekerjaan, sementara yang lain sudah sesuai standar. Penyebab lamanya waktu dalam proses pelayanan perbaikan adalah variasi respon terhadap pelayanan perbaikan. Penelitian merekomendasikan untuk melakukan monitoring review terhadap pedoman dan panduan serta prosedur yang berlaku di rumah sakit. Perlu ada evaluasi setiap input dan proses pelayanan perbaikan melalui implementasi six sigma ke dalam sistem informasi manajemen rumah sakit.