KARAKTERISTIK PERJANJIAN JUAL BELI MELALUI MEDIA ELEKTRONIK (E-COMMERCE) DI INDONESIA

Main Author: R. RAY AUDI STEVAN BIMAPUTRA, 031624253063
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/76119/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/76119/2/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/76119/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi pada era globalisasi memungkinkan kegiatan perdagangan dilakukan melalui media elektronik yang sering disebut dengan electronic commerce atau e-commerce. Layaknya perdagangan pada umumnya, e-commerce membutuhkan kontrak sebagai alas hak dan kewajiban para pihak dalam berdagang. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan hukum normatif. Kontrak melalui media elektronik ini dikenal dengan istilah kontrak elektronik (e-contract), Perjanjian dalam transaksi elektronik melalui media elektronik dikonstruksi sebagai perjanjian jual beli karena pengaturan subjek, objek dan hak kewajiban pokok dari para pihak. Tanggung Gugat para pihak pada perjanjian melalui media elektronik ini terletak pada penjual dan pembeli saja dikarenakan pada marketplace yang hanya sebagai sarana atau wadah untuk bertemunya antara penjual dan pembeli