KARAKTERISTIK PERJANJIAN JUAL BELI MELALUI MEDIA ELEKTRONIK (E-COMMERCE) DI INDONESIA
Main Author: | R. RAY AUDI STEVAN BIMAPUTRA, 031624253063 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/76119/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/76119/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/76119/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi pada era globalisasi memungkinkan kegiatan perdagangan dilakukan melalui media elektronik yang sering disebut dengan electronic commerce atau e-commerce. Layaknya perdagangan pada umumnya, e-commerce membutuhkan kontrak sebagai alas hak dan kewajiban para pihak dalam berdagang. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan hukum normatif. Kontrak melalui media elektronik ini dikenal dengan istilah kontrak elektronik (e-contract), Perjanjian dalam transaksi elektronik melalui media elektronik dikonstruksi sebagai perjanjian jual beli karena pengaturan subjek, objek dan hak kewajiban pokok dari para pihak. Tanggung Gugat para pihak pada perjanjian melalui media elektronik ini terletak pada penjual dan pembeli saja dikarenakan pada marketplace yang hanya sebagai sarana atau wadah untuk bertemunya antara penjual dan pembeli