PENGARUH ENDORSER TYPE TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA IKLAN, SIKAP KONSUMEN PADA MEREK, DAN NIAT BELI PADA PRODUK LOW DAN HIGH INVOLVEMENT

Main Author: FEBY FARULLY PRATAMA PUTRA, 041112248
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/76065/1/B%20337-18%20Put%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/76065/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/76065/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Semakin banyak merek-merek global yang masuk ke pasar Indonesia, membuat para pemasar ini berlomba-lomba menggunakan endorser tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari luar negeri sebagai endorser di dalam iklan mereka. Pada penelitian ini, selain ingin mengetahui perbedaan pengaruh endorser type, yaitu foreign endorser dan domestic type, juga meneliti tentang bagaimana jenis produk (involvement) mempengaruhi hubungan kausal antara endorser type dengan sikap konsumen pada iklan, sikap konsumen pada merek, dan niat beli. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif menggunakan analisis MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) dengan program IBM SPSS dan menggunakan data primer berasal 120 responden yang dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian ini, endorser type, yaitu foreign endorser dan domestic endorser tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap konsumen pada iklan, sikap konsumen pada merek, dan niat beli. Untuk jenis produk (involvement), tidak ada pengaruh secara signifikan dalam memoderasi hubungan kausal endorser type dengan sikap konsumen pada iklan, sikap konsumen pada merek, dan niat beli. Penelitian ini menawarkan kontribusi kepada pemasar bahwa untuk saat ini, telah banyak produk yang menggunakan foreign endorser maupun domestic endorser didalam iklan mereka, sehingga konsumen tidak merasakan adanya perbedaan pengaruh diantara keduanya terhadap sikap konsumen. Penting bagi pemasar adalah membangun personality yang ingin dibentuk untuk citra produk yang ingin ditampilkan kepada konsumen.