PENGARUH SALESPERSON SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING DAN STORE REVISIT INTENTION

Main Author: RP ALFIN ALFADIN, 041211233138
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/75958/1/Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/75958/2/B%20310-18%20Alf%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/75958/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menguji perbedaan pengaruh terhadap impulse buying dan revisit intention pada departement store berdasarkan strategi salesperson retail service quality dan sales promotion (discount) menggunakan uji MANOVA. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 (salesperson retail service quality) x 2 (seles promotion (discount)) dan mengumpulkan data dari 120 partisipan dari masyrakat umum. Stimuli dibentuk melalui 3 tahap yaitu pemilihan nama departement store, pemilihan produk yang akan digunakan dan penggunaan narasi yang dilakukan melalui pre test dan cek manipulasi. Variabel terukur impulse buying (6 indikator) dan store revisit intention (5 indikator) diukur dengan masing-masing skala Likert 5 poin. Dalam penelitian ini, pada main effect ditemukan bahwa salesperson retail service quality yang berbeda memiliki perbedaan pada tingkat impulse buying dan store revisit intention. Salesperson retail service quality yang baik lebih dapat meningkatkan impulse buying konsumen dan store revisit intention. Sedangkan Salesperson retail service quality yang tidak baik tidak meningkatkan impulse buying dan store revisit intention. Pada penggunaan sales promotion (discount) juga ditemukan terdapat perbedaan pada impulse buying konsumen. Sales promotion dengan discount yang besar 50%-70% lebih dapat meningkatkan impulse buying dibandingkan dengan sales promotion (discount) yang kecil 20%- 30%.