PERKEMBANGAN MOBIL DI INDONESIA TAHUN 1969-1998
Main Author: | FANNY FARIZAL, 121114009 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/75908/1/FS%20SEJ%2046-18%20FAR%20P%20-%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/75908/2/FS%20SEJ%2046-18%20FAR%20P.pdf http://repository.unair.ac.id/75908/ http://www.lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang perkembangan mobil di Indonesia pada tahun 1969-1998. Metode penelitian yang digunakan, meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Mobil di Indonesia sudah ada sejak masa Kasultanan Surakarta, dan berlanjut hingga berlanjut pada masa Orde Baru yang mana industri otomotif (mobil) berkembang sangat pesat pada masa itu. Hal tersebut telah didukung dengan adanya kebijakan pemerintah Orde Baru pada tahun 1969 yakni membuka kesempatan kepada para investor luar untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Mobil-mobil dari luar pun didatangkan ke Indonesia, meliputi Jepang, Eropa, dan Amerika. Namun mobil-mobil Jepanglah yang paling banyak mendominasi, seperti Honda, Mitshubishi, Toyota, Nissan, dan lain-lain. Pada tahun 1970an mobil-mobil nasional mulai diciptakan oleh anak-anak bangsa. Mobil pertama yang berhasil diciptakan adalah Helicak dan kemudian berkembang hingga mobil Timor. Namun, dapat disayangkan bahwa gejolak politik yang terjadi pada tahun 1998 telah mempengaruhi perkembangan mobil nasional. Perkembangan mobil nasional menjadi terhenti dan mobil-mobil Jepang kembali mendominasi dalam industri otomotif Indonesia.