PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PEDAGANG PADA AKTIVITAS JUAL BELI DI PASAR PACAR KELING SURABAYA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
Main Author: | HILGA PUTERA PERDANA, 121011074 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/75894/1/FS%20BI%2061%2018%20Per%20p%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/75894/2/FS%20BI%2061%2018%20Per%20p%20FULLTEXT.pdf http://repository.unair.ac.id/75894/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan alih kode dan campur kode pedagang pada transaksi jual beli di pasar tradisional Pacar Keling Surabaya. Dalam penelitian ini juga dijelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan alih kode dan campur kode pada transaksi jual beli di pasar tradisional Pacar Keling Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data simak bebas libat cakap dan teknik catat, Pola penggunaan yang dideskripkan dalam penelitian ini yaitu bentuk alih kode dan campur kode bahasa yang digunakan dalam komunikasi saat melakukan transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli di pasar tersebut. Objek penelitian ini yaitu pada pedagang di pasar tradisional Pacar Keling Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih kode antara pedagang dengan pembeli terdiri dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa, bahasa Indonesia ke bahasa Madura, dan bahasa Jawa ke bahasa Madura. Sedangkan campur kode terdiri dari bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa, bahasa Jawa dengan bahasa Madura, dan bahasa Indonesia dengan bahasa Mandarin dan bahasa Jawa. Faktor-faktor dibalik penggunaan alih kode dan campur kode yaitu menyesuaikan diri dengan mitra tutur, mengakrabkan diri dengan mitra tutur, serta merahasiakan harga dari pembeli lainnya.