PERANAN CUSTOMER SERVICE (Studi Deskriptif Tentang Peranan Customer Service Terhadap Pelayanan Jamaah di Office PT. Ebad Alrahman Wisata Cabang Surabaya)
Main Author: | Wilona Intan Nafisah, 151511413037 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/75875/1/abstrak%20fv%20pw%2055%2018.pdf http://repository.unair.ac.id/75875/2/FV%20PW%2055%2018%20Naf%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/75875/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Semakin berkembangnya sektor industri pariwisata pada beberapa tahun terkahir ini telah mengakibatkan meningkatnya perhatian terhadap peran penting jasa, khusunya travel agent. Jasa travel agent haji dan umroh saat ini merupakan pilihan yang tepat bagi para jamaah yang ingin melaksanakn ibadah haji maupun umroh. Dengan semakin banyaknya kebutuhan akan sarana umroh dan haji dan bermunculannya berbagai travel agent, maka jasa travel agent haji dan umroh sangat berperan penting dalam membantu kelancaran proses beribadah ke tanah suci. PT. Ebad Alrahman Wisata merupakan salah satu perusahaan travel besar di Indonesia. Telah menangani ribuan jamaah. Pelayanan jasa yang diberikan juga bermacam-macam. Jasa yang diberikan meliputi pelayanan keberangakatan dan kepulangan di bandara, pelayanan pada saat di tanah suci, dan pelayanan pada saat di kantor. Dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk menggali lebih dalam lagi mengenai sistem pelayanan jamaah dalam hal peranan customer service terhadap pelayanan jamaah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penulis mengumpulkan data melalui teknik observasi, menggunakan bahan dokumen serta wawancara tak berstruktur. Penulis mengkaji lebih dalam tentang peranan customer service terhadap pelayanan jamaah saat di kantor. Untuk meningkatkan pelayanan dan mencapai target kepuasan konsumen, customer service PT. Ebad Alrahman Wisata melakukan beberapa peranan yaitu membantu pembuatan paspor, membuat surat rekomendasi dan surat cuti, membuat roomlist, menjaga dan mengecek kesiapan manasik umroh, menginformasikan hal-hal yang berhubungan dengan keberangkatan jamaah melalui telepon dan sms blasting, menerima dokumen umroh dan haji serta mengecek perlengkapan keberangkatan. Selain menghandle keberangkatan jamaah customer service juga melakukan selling product dan menangani komplain. Beberapa kendala yang muncul antara lain perubahan jadwal keberangkatan jamaah, nomor jamaah yang tidak aktif, jamaah telat dalam pengumpulan paspor, listrik padam, dan jumlah customer service terbatas.