PELAKSANAAN DIAMOND STRATEGY PADA JAWA POS TELEVISI (JTV)

Main Author: BOSTON JEREMY GERARDO SIMANJUNTAK, 041511223040
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/75590/1/ABSTRAK%20.pdf
http://repository.unair.ac.id/75590/2/B%20186-18%20Sim%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/75590/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Televisi saat ini merupakan salah satu pilihan media hiburan bagi masyarakat. Perkembangan Televisi dimulai dari nasional ditandai oleh penyiaran upacara pembukaan Asean Games ke IV pada tanggal 24 Agustus 1962 oleh saluran Televisi Republik Indonesia (TVRI) (Fahmi,1997). Menurut Nielsen Media View tahun 2017, Televisi masih menjadi media dengan penetrasi terbesar yaitu sebesar 96%. Namun di penelitian itu juga ditemukan fakta bahwa akses internet juga meningkat dari tahun tahun sebelumnya. Dari survey tersebut ditemukan juga bahwa akses konten video melalui platform digital juga meningkat. Baik dalam bentuk website atau melalui tv internet berlangganan. Penelitian Nielsen pada tahun 2011 juga menunjukan kecilnya proporsi penonton yang didapat oleh TV lokal. Diamond strategy merupakan salah satu teori strategi yang diperkenalkan oleh Hambrick dan Frederickson pada tahun 2001. Teori ini sendiri membagi strategi ke dalam 5 dimensi yaitu: Arenas, Vehicles, Differentiators, Staging, Economic Logic. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana strategi JTV sebagai salah satu televisi lokal di kota Surabaya diuraikan dalam kerangka diamond strategy.