FINANCIAL LEVERAGE, INTENSITAS PEMASARAN DAN KINERJA PASAR PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Author: SADITA ISWANDARI, 041411231234
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/75586/1/ABSTRAK%20.pdf
http://repository.unair.ac.id/75586/2/B%20182-18%20Isw%20f.pdf
http://repository.unair.ac.id/75586/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial leverage, ukuran dan usia perusahaan terhadap kinerja pasar perusahaan dengan marketing intensity sebagai moderasi pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Jumlah pengamatan yang digunakan sebanyak 42 perusahaan sampel yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling dan model analisis menggunakan ananlisi regresi nonlinear berganda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah market performance yang diukur dengan Tobin’s Q. Variabel independen dalam penelitian ini adalah financial leverage yang diukur dengan DAR, sedangkan variabel moderasi dalam penelitian ini adalah marketing intensity. Hasil penelitian bahwa DAR berpengaruh signifikan terhadap Tobin’s Q membentuk U-shaped, sementara itu, ukuran dan usia perusahaan berpengaruh positif signifikan Tobin’s Q. Marketing intensity memoderasi pengaruh rasio financial leverage terhadap rasio Tobin’s Q yang ditunjukkan oleh pengaruh positif signifikan.