KINERJA STAFF FRONT OFFICE (Studi Deskriptif Penerapan Disiplin Kerja Bagi Staff Front Office Untuk Meningkatkan Kinerja Pelayanan di The Alana Surabaya)

Main Author: Zumrotini Farda, 151511413002
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/75548/1/Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/75548/2/FV%20PW%2032%2018%20Far%20k.pdf
http://repository.unair.ac.id/75548/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Dengan berkembang pesatnya dunia perhotelan yang semakin banyak para pesaing. Perubahan masyarakat yang menganggap bahwa hotel sudah merupakan gaya hidupnya menyebabkan pertumbuhan hotel yang cukup meningkatkan permintaan pasar, hal ini akan dapat membantu meningkatkan devisa Negara serta mengubah krisis kondisi ekonomi Indonesia menjadi semakin stabil. Hotel merupakan industri bisnis yang sangat mengandalkan pelayanan kamar dan produk-produk makanan serta minuman yang mereka jual. Oleh sebab itu hotel harus menjaga kinerja para pegawai agar dimata tamu tidak buruk dan akan menarik kembali tamu yang pernah datang maupun yang belum pernah datang. Di dalam The Alana Hotel Surabaya ditemukan beberapa pelanggaran yang berkaitan dengan kedisiplinan terutama di bagian front office, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan front office di The Alana Hotel Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, metode ini dipilih dengan alasan agar lebih bisa terfokus pada kinerja pegawai front office di The Alana Hotel Surabaya dan menggambarkan dengan sesungguhnya apa yang terjadi di lapangan. Pendekatan kualitatif adalah suatu pendekatan yang memiliki ciri berbeda dengan penelitian jenis lainnya yaitu memiliki ciri-ciri yang berakar pada latar belakang suatu ilmiah yang bersifat nyata (reality). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin kerja pegawai front office di The Alana Hotel Surabaya sudah mengikuti standar disiplin kerja pegawai yang ditetapkan oleh manajemen hotel tersebut. Hanya ada beberapa pegawai yang melanggar aturan, maka pegawai yang melanggar aturan tersebut akan mendapatkan sanksi, apabila pegawai sudah mengikuti aturan dan tidak pernah melanggar, maka akan mendapatkan penghargaan. Untuk meningkatkan kinerja pegawai. Bagi pegawai yang melanggar aturan maupun tidak melanggar aturan, pihak hotel memberikan upaya untuk meningkatkan disiplin seperti melakukan briefing, memberlakukan SOP, mengadakan pelatihan pegawai. Dengan harapan para pegawai tidak melakukan tindakan yang bisa merugikan The Alana Hotel Surabaya dan meningkatnya kinerja pelayanan. Sehingga dapat menarik para tamu untuk kembali menginap lagi di The Alana Hotel Surabaya.