POLA PERILAKU BERBELANJA MASYARAKAT DESA DI TENGAH-TEGAH PASAR MODERN (Studi Kasus Masyarakat Desa Gurah Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri)

Main Author: BELLA IKA YUNITA, 071411431011
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/75148/1/ABSTRAK_Fis.S.62%2018%20Yun%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/75148/2/FULLTEXT_Fis.S.62%2018%20Yun%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/75148/3/JURNAL_Fis.S.62%2018%20Yun%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/75148/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Kehadiran pasar modern di pedesaan semakin marak, seperti adanya Indomaret dan Alfamart. Pasar modern dan pasar tradisional mempunyai banyak perbedaan, dari segi harga, pelayanan dan tata ruang, hal ini dapat membawa perubahan pola perilaku berbelanja konsumen. Masuknya pasar modern di wilayah perdesaan menjadi hal yang baru dan menarik bagi masyarakat karena turut mengubah pola perilaku berbelanja mereka. Penelitian ini mengambil fokus masalah “bagaimana pola perilaku berbelanja masyarakat di Desa Gurah”. Penelitian ini menggunakan teori Pilihan Rasional (Rational Choice) oleh James Colleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subjek penelitian terdiri dari ibu-ibu yang dipilih berdasarkan atas latar belakang usia, pendidikan dan pekerjaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam serta didukung dengan data observasi langsung. Penelitian ini mengemukakan bahwa pilihan rasional berbelanja masyarakat berbeda-beda. Fenomena ini menjelaskan bahwa masuknya pasar modern di Desa Gurah, seperti Indomaret dan Alfamart tidak membuat masyarakat terpengaruh dan serta merta beralih ke pasar modern. Masyarakat Desa Gurah tetap bertahan berbelanja di pasar tradisional, karena beberapa alasan seperti harga yang lebih murah di pasar tradisional, barang yang lebih lengkap dibandingkan pasar modern dan interaksi sosial yang masih kuat. Hal tersebut menunjukkan kuatnya pilihan rasional Desa Gurah berdasarkan nilai, guna dan kepentingan.