ANALISIS PENDIDIKAN PASIEN DAN KELUARGA DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA
Main Author: | SALSABILA DIAR KINANTHI, 101411133027 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/75134/1/KKC%20KK%20FKM%20241%20-%2018%20Kin%20a-Abstract.pdf http://repository.unair.ac.id/75134/2/KKC%20KK%20FKM%20241%20-%2018%20Kin%20a.pdf http://repository.unair.ac.id/75134/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Rumah sakit sebagai bagian dari ruang lingkup promosi kesehatan merupakan institusi yang mempunyai posisi yang kuat dalam sistem pelayanan kesehatan untuk mendukung kegiatan promosi kesehatan. Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yaitu pelayanan kesehatan yang meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Standar kajian kebutuhan masyarakat sebagai salah satu standar Promosi Kesehatan Rumah Sakit tersebut diperkuat dengan Instrumen Akreditasi Rumah Sakit Tahun 2012. Indikator penilaian akreditasi rumah sakit pada Kelompok Standar Pelayanan Berfokus Pada Pasien. Komunikasi efektif sebagai dasar untuk memberikan pendidikan kepada pasien dan keluarga agar mereka memahami kondisi kesehatannya sehingga pasien berpartisipasi lebih baik dalam asuhan yang diberikan dan mendapat informasi dalam mengambil keputusan tentang asuhannya. Pemberian pendidikan kesehatan yang efektif penting dalam asuhan kesehatan yang diberikan kepada pasien berfungsi untuk menurunkan jumlah klien ke rumah sakit dan meminimalkan penyebaran penyakit yang dapat dicegah. (KARS, 2012). Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya dengan metode penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi dari penelitian ini merupakan orang penanggung jawab dalam manajemen dan operasional PKRS di RSI Jemursari Surabaya yang berkaitan dengan Pendidikan Pasien dan Keluarga. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan observasi dengan informan sejumlah 6 orang. Hasil dari 6 standar pendidikan pasien dan keluarga di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya sebagian besar sudah memenuhi indikator sesuai dengan yang tercantum pada KARS tahun 2012. Namun secara kebijakan peraturan, pedoman maupun Standar Prosedur Operasional dan struktural belum adanya unit kerja PKRS di Rumah Sakit Islam Jemursari menyebabkan ketidakoptimalan pelaksanaan promosi kesehatan terutama dalam pendidikan pasien dan keluarga.