PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN PADA KARYAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA
Main Author: | ANISA SEPTIYO NINGTIAS, 071611623007 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/75051/1/ABSTRAK_Fis.IIP.99%2018%20Nin%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/75051/2/FULLTEXT_Fis.IIP.99%2018%20Nin%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/75051/3/JURNAL_Fis.IIP.99%2018%20Nin%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/75051/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Era informasi saat ini membuat organisasi perlu mengelola pengetahuan agar dapat digunakan dengan baik oleh karyawan. Pengetahuan di dalam organisasi disebarkan melalui kegiatan berbagi pengetahuan atau knowledge sharing. Melalui kegiatan knowledge sharing memunculkan adanya perilaku berbagi pengetahuan karyawan. Partisipasi yang minim pada kegiatan berbagi pengetahuan ini dapat mengindikasikan bahwa perilaku berbagi pengetahuan karyawan juga masih tergolong rendah. Salah satu yang mempengaruhi perilaku berbagi pengetahuan adalah keyakinan karyawan terhadap kemampuan yang dimilikinya (efikasi diri). Tingkat efikasi diri karyawan akan berpengaruh terhadap perilaku berbagi pengetahuan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh efikasi diri yang terdiri dari mastery experiences, vicarious experiences, verbal persuasion, psychological and affective states, dan imaginal experiences terhadap perilaku berbagi pengetahuan pada karyawan di perpustakaan Universitas Airlangga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan total sampel sebanyak 41 orang. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas; uji analisis data dengan uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, regresi linier berganda; dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan efikasi diri yang terdiri dari mastery experiences, vicarious experiences, verbal persuasion, psychological and affective states, dan imaginal experiences secara bersama-sama terhadap perilaku berbagi pengetahuan. Besar pengaruh variabel efikasi diri secara bersama-sama diperoleh sebesar 68.7% dan sisanya sebesar 31,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Secara parsial, variabel efikasi diri yang terdiri dari mastery experiences, vicarious experiences, verbal persuasion, psychological and affective states, dan imaginal experiences berpengaruh terhadap perilaku berbagi pengetahuan. Mastery experiences merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap perilaku berbagi pengetahuan.