Pola Perilaku Penemuan Informasi di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya
Main Author: | MITA YUANA, 071311633047 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/75035/1/ABSTRAK_Fis.IIP.90%2018%20Yua%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/75035/2/FULLTEXT_Fis.IIP.90%2018%20Yua%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/75035/3/JURNAL_Fis.IIP.90%2018%20Yua%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/75035/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Kemampuan yang dimiliki manusia dapat menimbulkan keingintahuan akan segala sesuatu. Hal tersebut merupakan kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, salah satunya adalah pola perilaku penemuan informasi. Peneman informasi baru dapat disebabkan oleh berkembangnya teknologi dan informasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Perilaku Penemuan Informasi mahasiswa program studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya dalam melakukan penemuan informasi guna menunjang kegiatan belajar pada saat dibangku kuliah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan teknik analisis data dengan editing, coding dan tabulasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PLB UNESA dari angkatan 2014-2017 jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya. Penentuan sampel dengan simple random sampling dari total keseluruhan mahasiswa aktif sebanyak 349, peneliti mengambil 100 sampel responden untuk diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kebutuhan informasi di kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya untuk menunjang penemuan informasi dalam memenuhi keperluan akademik berupa jurnal karya ilmiah dan kebutuhan informasinya dikategorikan cukup tinggi sehingga perlu untuk membuat suatu target harian. Selain itu, Pola perilaku penemuan informasi di kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya secara keseluruhan melakukan kegiatan penemuan informasi yang diawali dengan aspek starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, accessing, extracting, verifying, networking dan diakhiri dengan aspek information managing dalam model tahapan pencarian informasi dari David Ellis (1993) yang direvisi oleh Meho Tibbo (2003). Adapun Hambatan yang timbul dalam perilaku penemuan informasi oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya ada tiga, yakni hambatan kurangnya motivasi dalam melakukan penemuan informasi (pemilihan kata kunci, pencarian jurnal open access), hambatan kemampuan menggunakan media internet sebagai media penemuan informasi yang valid, dan hambatan keterampilan bahasa asing dalam penemuan informasi yang bersumber pada jurnal karya ilmiah internasional.