Analisis Elemen AIDCA di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY (Studi deskriptif analisis elemen AIDCA pada instagram, twitter, dan facebook sebagai promosi di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY)
Main Author: | Kurnia Fatma Pratiwi, 071611623006 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/75030/1/ABSTRAK_Fis.IIP.87%2018%20Pra%20a.pdf http://repository.unair.ac.id/75030/2/FULLTEXT_Fis.IIP.87%2018%20Pra%20a.pdf http://repository.unair.ac.id/75030/3/JURNAL_Fis.IIP.87%2018%20Pra%20a.pdf http://repository.unair.ac.id/75030/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Berbagai media promosi dilakukan oleh perpustakaan untuk menarik minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan, sehingga segala bentuk layanan dan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan dapat digunakan oleh masyarakat. Dengan perkembangan teknologi internet yang sangat pesat saat ini membuat perpustakaan melakukan promosi tidak hanya melalui media massa, namun promosi dapat dilakukan melalui media sosial. Saat ini media sosial seperti instagram, twitter dan facebook sering digunakan oleh masyarakat, sehingga untuk mempertahankan eksistensi perpustakaan diperlukan promosi perpustakaan melalui instagram, twitter dan facebook. Untuk menghasilkan promosi melalui instagram, twitter dan facebook lebih menarik diperlukan elemen dalam sebuah rumus yang disebut AIDCA. Penelitian ini dilakukan kepada 36 responden yang berada di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah promosi melalui instagram dengan menggunakan elemen AIDCA pada elemen attention/perhatian diperoleh hasil sebesar 42.3%, pada elemen interest/minat sebesar 42.9%, pada elemen desire/keinginan sebesar 41.1%, pada elemen conviction/rasa yakin sebesar 36.2% dan pada elemen action/tindakan sebesar 36.4%. Promosi melalui twitter dengan menggunakan elemen AIDCA dengan hasil pada elemen attention/perhatian diperoleh hasil sebesar 39.6%, pada elemen interest/minat sebesar 38.3%, pada elemen desire/keinginan sebesar 36.1%, pada elemen conviction/rasa yakin sebesar 32.7% dan pada elemen action/tindakan sebesar 32.6%. Promosi melalui facebook dengan menggunakan elemen AIDCA pada elemen attention/perhatian diperoleh hasil sebesar 18.1%, pada elemen interest/minat sebesar 18.8%, pada elemen desire/keinginan sebesar 22.8%, pada elemen conviction/rasa yakin sebesar 31.1% dan pada elemen action/tindakan sebesar 31%.