ANALISIS KEPUASAN PASIEN POLI GIGI DAN MULUT DENGAN MODEL STIMULI-VALUE JUDGEMENT-REACTION (Studi pada RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro)

Main Author: AFIFA NUR CHABIBAH, 101411131175
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/74888/1/KKC%20KK%20FKM.215-18%20Cha%20a%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/74888/2/KKC%20KK%20FKM.215-18%20Cha%20a%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unair.ac.id/74888/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Survey Kepuasan Masyarakat di Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro Tahun 2017 Semester I belum mampu memenuhi standar SPM dalam KMK Nomor 129 Tahun 2008 dengan gap sebesar 11.68% serta diketahui terdapat penurunan kunjungan pasien di Poli Gigi dan Mulut pada tahun 2016. Analisis mutu dan kepuasan diperlukan untuk mengetahui penyebab permasalahan tersebut. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien di Intalasi Rawat Jalan dengan Model Stimuli-Value Judgement-Reaction khususnya di Poli Gigi dan Mulut RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan bersifat observasional. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling pada pasien yang telah memenuhi kriteria inklusi, sehingga diperoleh sampel sebesar 68 responden. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 14-26 Mei 2018 melalui kuesioner. Hasil penelitian dianalisis menggunakan matriks posisi 2x2 yang terbagi ke dalam 4 kuadran, kemudian dilakukan analisis dan pembahasan pada isu strategis. Terdapat 6 isu strategis yang ditemukan yaitu kecekatan perawat, lama waktu pemanggilan pendaftaran, penerapan 3S (senyum, salam, sapa) pada perawat, kenyamanan tempat parkir, kenyamanan ruang tunggu, serta kejelasan prosedur pelayanan di Poli Gigi dan Mulut. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Poli Gigi dan Mulut RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro sudah cukup baik, namun masih perlu meningkatkan mutu pelayanannya dengan melakukan perbaikan berkelanjutan pada isu strategis. Saran yang dapat diusulkan yaitu memberikan pelatihan kepada petugas yang secara langsung berinterkasi dengan pasien, menerapkan sistem antrian online, menambahkan gambar prosedur alur pelayanan Poli Gigi dan Mulut, menambahkan bahan bacaan atau hiburan ringan di ruang tunggu dan penghijauan serta atap pada tempat parkir pengunjung