KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI NEGERI DENGAN MENGGUNAKAN LIBRARY SERVICE QUALITY ASSESSMENT (LSQA) (Studi Deskriptif pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri ITS, UNAIR, UNESA dan UPN Surabaya)
Main Author: | Tanisa Putih Andansari, 071411631026 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/74762/1/ABSTRAK_Fis.IIP.40%2018%20%20And%20k.pdf http://repository.unair.ac.id/74762/2/FULLTEXT_Fis.IIP.40%2018%20%20And%20k.pdf http://repository.unair.ac.id/74762/3/JURNAL_Fis.IIP.40%2018%20%20And%20k.pdf http://repository.unair.ac.id/74762/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Perpustakaan merupakan lembaga jasa penyedia informasi yang mengedepankan layanan sebagai ujung tombak penilaiannya. Untuk menunjang hal tersebut, maka perpustakaan dituntut untuk selalu mampu memenuhi segala kebutuhan informasi pemustakanya. Guna mencapai hal tersebut, tentu saja dibutuhkan andil pemustaka dalam memberikan suatu penilaian melalui persepsinya sehingga perpustakaan mampu terus membenahi dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan perpustakaan dengan menggunakan skala LSQA yang diliputi oleh dimensi library environtment atau infrastructure, library collection, library staff dan library service. Penelitian ini difokuskan kepada perpustakaan perguruan tinggi negeri di Surabaya dengan responden yang mencakup hingga 398 mahasiswa S-1 sebagai pengguna aktif perpustakaan di 1 bulan terakhir. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan teknik purposive sampling di Perpustakaan perguruan tinggi negeri ITS, UNAIR, UNESA dan UPN Surabaya. Dari hasil pengolahan, didapati hasil bahwa capaian tertinggi diperoleh perpustakaan ITS dengan skor mencapai 3,74 dan berada dalam kategori baik. perpustakaan UNAIR dan UNESA masing masing sebesar 3,62 dan 3,53 dimana kedua perpustakaan memiliki kualitas layanan yang tinggi dan berada pada kategori baik. Namun, skor perpustakaan UPN hanya mencapai 3,27 dimana kualitas layanan sedang dan berada dalam kategori cukup baik. Dari angka tersebut diketahui bahwa dimensi terendah pada keempat perpustakaan diperoleh dimensi library service, sedangkan dimensi tertinggi diperoleh dimensi library environtment atau infrastructure untuk perpustakaan ITS, UNAIR dan UPN sedangkan pada perpustakaan UNESA diduduki oleh dimensi library staff.