Daftar Isi:
  • Kemampuan menulis dan prestasi belajar menjadi hal yang penting dan utama bagi mahasiswa yang berada di ruang lingkup akademik. Untuk memiliki kemampuan menulis dan mendapatkan prestasi belajar yang tinggi memang terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah kemampuan mahasiswa terkait literasi informasi. Literasi informasi menjadi salah satu kompetensi penting yang dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas berpikir dan memproduksi konten-konten akademik berkualitas tinggi. Namun faktanya, literasi informasi masih menjadi permasalahan di Indonesia dimana tingkat literasi informasi mahasiwa berada pada kategori rendah hingga sedang. Padahal untuk membuat suatu karya tulis ilmiah dan mencapai prestasi belajar yang tinggi dibutuhkan kemampuan (skill) untuk menjadi salah satu senjata mencapai tujuan tersebut. Begitu pula permasalahan terkait menulis pada mahasiswa yang seringkali mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi bahan-bahan yang relevan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah kompetensi literasi informasi yang dimiliki mahasiswa memiliki hubungan positif dengan kemampuan menulis dan prestasi belajar mahasiswa Universitas Airlangga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif serta memiliki jumlah responden sebanyak 100 mahasiswa Universitas Airlangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dengan kekuatan hubungan yang sedang antara literasi informasi (X) dengan kemampuan menulis (Y1) dengan nilai koefisien korelasi 0,521 > rtabel 0,197, yang artinya semakin tinggi kompetensi literasi informasi maka semakin tinggi pula kemampuan menulis mahasiswa Universitas Airlangga. Selain itu juga terdapat hubungan positif dengan kekuatan hubungan yang kuat antara literasi informasi (X) dengan prestasi belajar (Y2) dengan nilai koefisien korelasi 0,787 > rtabel 0,197, yang artinya semakin tinggi kompetensi literasi informasi maka semakin tinggi pula tingkat prestasi belajar mahasiswa Universitas Airlangga. Besar kontribusi/sumbangan literasi informasi terhadap kemampuan menulis sebesar 27%, dan literasi informasi terhadap prestasi belajar sebesar 61,9%.