RESPONSIVITAS SRIKANDI BARUNA DALAM MENANGANI PEMADAMAN KEBAKARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (STUDI DI KANTOR WILAYAH SURABAYA PUSAT DINAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA SURABAYA)
Main Author: | SANDRA AGNU ARISKA, 071311133043 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/74666/1/ABSTRAK_Fis.AN.78%2018%20Ari%20r.pdf http://repository.unair.ac.id/74666/2/FULLTEXT_Fis.AN.78%2018%20Ari%20r.pdf http://repository.unair.ac.id/74666/3/JURNAL_Fis.AN.78%2018%20Ari%20r.pdf http://repository.unair.ac.id/74666/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Responsivitas Srikandi Baruna Dalam Menangani Pemadaman Kebakaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi di Kantor Wilayah Surabaya Pusat Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya).Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan informan dan observasi yang dilakukan sekitar kurang lebih 1 bulan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk melakukan pemecahan masalah yangada guna mendapatkan dan menyampaikan data-data berdasarkan atas fakta-fakta yang terjadi di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya melalui wawancara dan observasi. Responden ditentukan menggunakan teknik penentuan informan purposive dimana informan tersebut ditetapkan secara sengaja oleh peneliti. Yang mana peneliti menggunakan teknik wawancara dalam menentukan hasil dari penelitian ini. Yang terdiri dari 9 petugas Srikandi Baruna Kota Surabaya, 4 petugas pemadam kebakaran di Kota Surabaya, 7 masyarakat yang pernah mengalami kejadian kebakaran. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa dalam responsivitas pelayanan pemadam kebakaran Srikandi Baruna pada Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya, Srikandi Baruna sangat responsive dalam penanganan pelayanan bencana kebakaran di Kota Surabaya. Hal ini dapat dilihat dari berbagai indikator pengukuran responsivitas yang ditemukan penulis dilapangan bahwa dari seluruh pengukuran indikator yang mencakup tepat, cermat, kesopanan, dan komunikasi pelayanan pemadam kebakaran yang dikategorikan baik. Sedangkan, pada indikator lainnya belum terpenuhi dengan baik dikarenakan masih adanya beberapa kendala yang ditemukan penulis dilapangan diantaranya kurang cepatnya petugas pemadam kebakaran dalam melayani permintaan masyarakat karena terkendala pada akses menuju jalan menuju lokasi kebakaran.