Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kota Surabaya. Banyaknya keluhan masyarakat yang ditujukkan untuk pelayanan administrasi kependudukan di Kota Surabaya, membuat Dispendukcapil Kota Surabaya melakukan sebuah inovasi yang berbasis teknologi dinamakan e-Lampid (Lahir, Mati, Pindah, Datang). Tujuan dibentuknya inovasi pelayanan e-Lampid adalah untuk memudahkan masyarakat dan mempercepat proses pelayanan pengurusan dokumen administrasi kependudukan. Untuk mengetahui kualitas pelayanan pada e-Lampid digunakan lima dimensi kualitas pelayanan publik dari Zeithaml, Berry, dan Pasuraman, yakni dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu informan pemberi layanan dengan menggunakan purposive sampling dan informan penerima layanan menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik tringulasi data digunakan untuk pengecekan, untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya inovasi e-Lampid telah meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kota Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya kelima dimensi kualitas pelayanan publik. Selain itu e-Lampid telah memenuhi karakteristik sebagai inovasi yaitu memberikan keuntungan lebih karena memudahkan warga dalam hal mengurus dokumen administrasi kependudukan. Tingkat kerumitan yang terjadi juga kecil dan memiliki kesesuaian dengan sistem pelayanan sebelumnya. Namun demikian, inovasi ini memiliki beberapa kekurangan terkait dengan penggunaan teknologi yang masih memiliki kendala, serta masih banyak warga yang belum memahami penggunaan teknologi.